Duduk at-tahiyyat awwal dan isyarat telunjuk

Duduk at-tahiyyat awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk

عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ اَنَّهُ قَالَ … فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اْليُسْرَى وَ نَصَبَ اْليُمْنَى، فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ. البخارى، فى نيل الاوطار

Dari Abu Humaid, ia berkata, “….. Maka apabila beliau SAW duduk pada dua reka’at, (at-tahiyyat awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan apabila duduk pada rekaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau”. [HR. Bukhari, Nailul Authar juz 2, hal. 306]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: … وَ كَانَ يَقُوْلُ فِى كُلّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ. وَ كَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ اْليُمْنَى. مسلم

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “….. Dan adalah beliau SAW membaca at-tahiyyat pada setiap dua reka’at. Dan beliau duduk pada kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan”. [HR. Muslim juz 1, hal. 357].

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ الْيُمْنَى الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ فَدَعَا بِهَا، وَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسِطُهَا عَلَيْهَا، وَ فِى لَفْظٍ كَانَ اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ اَشَارَ بِاُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى. احمد و مسلم و النسائى فى نيل الاوطار

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila duduk dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari telunjuk), lalu beliau berdo’a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya”. Dan dalam satu lafadh, “Adalah beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat), meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya yang kiri”. [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Authar juz 2, hal. 316]

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ قَالَ فِى صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص: ثُمَّ قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَ رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَ جَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ اْلاَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ اَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ اُصْبُعَهُ فَرَاَيْتُهُ يُحَرّكهُاَ يَدْعُوْبِهَا. احمد و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار

Dari Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya Rasulullah  SAW, “Kemudian beliau SAW duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang kanan pada pahanya yang kanan. Kemudian menggenggam dua jarinya (jari manis dan jari kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari telunjuk), maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo’a dengannya. [HR. Ahmad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar juz 2, hal. 315]

Keterangan :

Dalam sanad hadits Waail ini ada seorang rawi yang dicela, yaitu ‘Ashim bin Kulaib, namun celanya tersebut tidak sampai menjadikan hadits tersebut dlaif.

Dengan adanya riwayat yang berbeda tersebut, yang satu menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menggerak-gerakkan jari telunjuknya ketika tasyahhud, dan yang lain tidak menyebutkan “menggerak-gerakkan telunjuknya”, di sini bisa dipahami bahwa terkadang beliau menggerak-gerakkan telunjuknya, dan kadang-kadang tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*