Bacaan dan dalil raka’at ke tiga dan empat

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُوْنَا بِحَذْوِ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبّرُ. فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَهُمَا مِثْلَ ذلِكَ وَاِذَا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَهُمَا كَذلِكَ اَيْضًا. وَ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار

Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila berdiri shalat, beliau mengangkat dua tangannya hingga sejajar dua bahunya kemudian bertakbir. Dan apabila hendak ruku’, beliau mengangkat dua tangannya seperti itu. Dan apabila mengangkat kepalanya dari ruku’, beliau mengangkat dua tangannya seperti itu pula, dan membaca Sami’alloohu liman hamidah, robbanaa wa lakal-hamdu (Semoga Allah mendengar bagi orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, dan bagi-Mulah segala puji). [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 200]

ثُمَّ نَهَضَ ثُمَّ صَنَعَ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِثْلَ ذَلِكَ حَتَّى إِذَا قَامَ مِنَ السَّجْدَتَيْنِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِىَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ كَمَا صَنَعَ حِينَ افْتَتَحَ الصَّلاَةَ

“Kemudian Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit, kemudian ia melakukan raka’at kedua seperti raka’at pertama. Sampai beliau selesai melakukan dua raka’at, beliau bertakbir dan mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan pundaknya sebagaimana yang beliau lakukan saat takbiratul ihram (ketika memulai shalat).” (HR. Tirmidzi no. 304 dan Abu Daud no. 963. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

عَنْ نَافِعٍ مَوْلَى ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : إِنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا كَانَ إِذَا دَخَلَ فِي الصَّلَاةِ كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (رواه البخاري والنسائي وأبو داود)

  Artinya: Diriwayatkan dari Nafi’ Maula Ibnu Umar, bahwa Ibnu Umar ra., apabila masuk ke dalam shalat membaca takbir dan mengangkat kedua tangannya. Demikian juga apabila beliau ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya, dan juga jika apabila beliau bangun dan ruku’ serta membaca Sami’alloohu liman hamidah, beliau mengangkat kedua tangannya. Beliau pun apabila bangun dari rakaat yang kedua ke rakaat yang ketiga mengangkat kedua tangannya. Dan beliau menyebutkan yang demikian itu yang dikerjakan Nabi saw. (HR. Bukhari dan An Nasa’i dan Abu Dawud).

Raka’at ke tiga dan empat

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِى قَتَادَةَ عَنْ أبِيْهِ أَنَّ النَّبِىَّ – صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ – كَانَ يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ فِى الأُولَيَيْنِ بِأُمِّ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ ، وَفِى الرَّكْعَتَيْنِ الأُخْرَيَيْنِ بِأُمِّ الْكِتَابِ ، وَيُسْمِعُنَا الآيَةَ ، وَيُطَوِّلُ فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى مَا لاَ يُطَوِّلُ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ ، وَهَكَذَا فِى الْعَصْرِ وَهَكَذَا فِى الصُّبْحِ [رواه البخاري و مسلم].

“Dari ‘Abdillah Ibn Abi Qatadah dari ayahnya (diriwayatkan) bahwa Nabi saw. dalam shalat dhuhur pada kedua rakaat permulaan (rakaat ke-1 dan ke-2), membaca induk kitab (Fatihah) dan dua surat, serta pada dua rakaat lainnya (rakaat ke-3 dan ke-4) membaca al-Fatihah saja, dan beliau memperdengarkan kepada kami akan bacaan ayat itu, dan pada rakaat ke-1 diperpanjang tidak seperti dalam rakaat ke-2. Demikian juga dalam shalat ‘Asar dan Shubuh” [HR. al-Bukhari 776 & Muslim 451].

Hadis di atas diperkuat dengan hadis lain yang menunjukkan tatacara shalat Rasulullah saw, terutama bacaan surat setelah membaca al-Fatihah dalam rakaat ketiga dan keempat, yaitu hadis Rasulullah saw.,

عَنْ أَبِي الصِّدِّيْقِ عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِي قَالَ: كُنَّا نَحْزِرُ قِيَامَ رَسُولِ اَللهِ – صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ, فَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ اَلْأُولَيَيْنِ مِنْ اَلظُّهْرِ قَدْرَ قِرَاءَةِ الم تَنْزِيلُ اَلسَّجْدَةِ، وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي اَلْأُخْرَيَيْنِ قَدْرَ اَلنِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ، وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ اَلْأُولَيَيْنِ مِنْ اَلْعَصْرِ عَلَى قَدْرِ قِيَامِهِ فِي اَلْأُخْرَيَيْنِ مِنَ الظُهْرِ وَفِي اَلْأُخْرَيَيْنِ مِنْ اَلْعَصْرِ عَلَى اَلنِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ [رواه مسلم].

“Dari Abu ash-Shiddiq dari Abu Sa’id al-Khudri (diriwayatkan) ia berkata: Kami memperhatikan berdirinya Nabi saw, ketika shalat Zhuhur dan ‘Asar, lalu kami memperhatikan berdirinya beliau pada dua rakaat pertama shalat Zhuhur, yang panjang bacaannya sekitar surat as-Sajdah. Sementara di dua rakaat terakhir adalah setengahnya. Kami pun memperhatikan pada dua rakaat pertama shalat ‘Asar, seperti dua rakaat terakhir saat shalat Zhuhur dan di dua rakaat terakhir shalat ‘Asar adalah setengahnya” [HR. Muslim 452].

Berdasarkan hadis-hadis di atas, dapat dipahami bahwa tidak terdapat tuntunan secara spesifik oleh Rasulullah saw untuk membaca surat apapun setelah membaca al-Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat.

Wallahu a‘lam bishshawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*